Insya Allah, In Shaa Allah, In Syaa Allah atau ….?

khusnullutfiwordpresscom_insyaallahBanyak sekali yang bingung, bagaimana cara penulisan InsyaAllah dengan benar. Karena banyak sekali info yang justru menjadikan simpang-siur, kebetulan kemarin nemu satu artikel yang membahas tentang ini, dan kebetulan dari sekian banyak artikel yang Naphee‘ baca, kaya’nya ini yang paling sreg dengan pemahasannya. Ini dia artikel yang dikutip dari istrishalihah

 
بِـــــــسْمِ اللَّهِ الرَحْمَـــــنِ الرَحِيـــــــمِ

Kira-kira sejak dua bulan terakhir, berkali-kali saya mendapat banyak pertanyaan mengenai cara penulisan yang benar untuk kata إِنْ شَاءَ اللَّهُ .

Bermula dari pic seorang Syaikh dalam bahasa Inggris yg menyatakan bahwa penulisan yang benar adalah “In Shaa Allah”, bukan “Insha Allah” karena “Insha Allah” berarti “Create Allah”.

Apakah itu benar?

Jawab saya: Benar sekali 🙂
Beliau merujuk kepada penulisan dalam bahasa Arab إِنْ شَاءَ اللَّهُ yang WAJIB ditulis terpisah antara huruf nun & syin nya.

Arti harfiahnya sbb:
إِنْ (in/jika)
شَاءَ (syaa-a/menghendaki)
الله (Allahu/Allah)

Jika Allah menghendaki.

Sedangkan kata إِنْشَاء (dengan nun & syin menyambung) berarti: membuat.

Lalu apakah yang menulis dengan “Insha Allah” atau “Insya Allah” lantas berdosa? …pengen baca lanjutannya…

Advertisements

Bus Tr*ns Jogja, Menyedihkan :(

Taaaraaraaa…!!!

Apa kabar semua? Kangen ya sama Naphee’? enggak? bagus deh. :mrgreen:

Setelah sekian lama, nggak kerasa juga ya, sepertinya waktu memang berjalan begitu cepat. hehe.. Capek banget rasanya, kemaren seharian Naphee’ abis jalan-jalan, liburan, refreshing, menghilangkan jenuh dan penat yang melanda. Kemana coba? Mau tau? Naphee’ abis liburan… ke… Jogjaaa… ngakak Emang sih, kayaknya kalimat di atas emang harusnya -sedikit diralat- dirombak total. Kalo’ ke Jogja sih bukan liburan namanya, tapi emang rutinitas. Nggak usah cari waktu libur, tiap hari juga di Jogja. hehehe… Tapi, yang spesial adalah, jalan-jalannya ke Pasar Bringharjo. Dan tau donk, kalo’ ke Bringharjo itu bukan sekedar jalan-jalan, tapi juga beelaanjaaa… 😆

…pengen baca lanjutannya…

Logo Google Doodle 14 Februari 2013

Seperti biasa, Google selalu update dan sering menampilkan hal-hal baru pada logonya di setiap hari-hari tertentu. Google seolah tak pernah kehabisan kreativitas untuk menampilkan hal-hal unik seperti gambar-gabar atau bahkan game untuk ditampilkan pada logonya. Seperti hari ini, 14 Februari 2013, Google mengusung tema Selamat Hari Kasih Sayang Dan Selamat Ulang Tahun Untuk George Ferris.

1

Siapa yang nggak tau, setiap tanggal 14 Februari adalah merupakan hari Valentine yang bisa disebut kebanyakan orang dengan “Hari Kasih Sayang”. Dengan simbol cinta di gambar tersebut sudah cukup mewakilkan mengenai moment di hari ini. Dan bagi yang belum tau, George Ferris adalah perancang komidi putar raksasa, yang hari lahirnya bertepatan di hari Valentine, tepatnya 14 Februari 1859. Makanya di logo Google hari ini ada gambar komidi putar dan gambar cinta. Lucu banget ya :mrgreen:

Nah, gambar cinta yang ada di tengah bawah itu sebenernya tombol. Coba deh di klik, nanti akan muncul berbagai gambar lucu yang menceritakan kisah cinta …pengen baca lanjutannya…

Transit Venus 2012 – Kesempatan yang Sangat Langka

Transit Venus adalah peristiwa saat posisi planet tersebut berada di antara Matahari dan Bumi sehingga akan tampak sebagai titik hitam yang bergerak di muka Matahari. Kejadian alam yang langka ini akan terjadi 6 Juni 2012 mendatang.

Mengapa langka? Transit Venus terjadi hanya dua kali dalam satu abad. Uniknya, antara transit pertama dan kedua jaraknya 8 tahun, namun peristiwa berikutnya harus menunggu lebih dari seabad, 121 tahun atau 105,5 tahun tergantung periodenya.

Transit Venus terakhir kali terjadi tahun 2004 dan berikutnya akan terjadi 6 Juni 2012. Setelah itu, baru tahun 2117 transit Venus akan kembali terjadi. Artinya transit Venus mendatang pada 6 Juni 2012 mungkin kesempatan terakhir bagi sebagian besar orang yang hidup saat ini untuk menyaksikannya kecuali berumur panjang lebih dari 100 tahun. …pengen baca lanjutannya…

9 Aturan Konyol Berkendara di AS

Washington – Demi terciptanya lalu lintas yang tertib, banyak aturan-aturan yang dibuat terkait dengan lalu lintas tersebut. Meskipun terkadang, aturan-aturan tersebut tidak masuk akal. Mulai dari soal larangan warna mobil hingga soal ngeseks. Berdasarkan hasil penelitian seperti dilansir Topspeed, Selasa (29/6/2010) berikut beberapa aturan yang dianggap konyol di Amerika.

1. Di Alabama, melanggar hukum bila seseorang mengemudikan mobilnya dalam kondisi tanpa lampu. Akan tetapi, berkendara melawan arus bukan dianggap sebagai pelanggaran bila bagian depan mobil Anda memiliki lampu.

2. Di Denver, Colorado, penduduknya dilarang untuk mengendarai mobil berwarna hitam pada hari Minggu.

3. Di Coeur d’Alene, Idaho, sah-sah saja bila Anda berhubungan seks di mobil selama mobil dalam kondisi terparkir. Polisi tidak berhak untuk mengetuk jendela atau mengawasi. …pengen baca lanjutannya…

18 Bulan Lagi Internet Ditutup

Diperkirakan paling lama 18 bulan lagi, akses ke internet akan tertutup bagi para pengguna baru.

Hal ini dikarenakan dalam waktu 18 bulan dunia akan kehabisan “IP Addresses”, kode unik yang menjadi kunci akses ke internet untuk semua alat dari komputer hingga HP. Bila itu terjadi bisa dipastikan akses akan menjadi sulit untuk perangkat-perangkat baru yang belum punya IP Address.

“Internet yang kita kenal sekarang ini sudah tidak bisa dikembangkan lagi. Ini bukan berarti internet berhenti berfungsi, hanya akses akan menjadi sangat terbatas,” …pengen baca lanjutannya…

Sudah Tersedia: Bunker Khusus Hari Kiamat

VIVAnews – Bagi sebagian orang, kiamat sudah dekat. Kepercayaan itulah yang menginspirasi suatu perusahaan di Amerika Serikat (AS) untuk meraup untung.

Perusahaan Vivos, yang berbasis di Kota Del Mar (California), mengaku telah menyiapkan suatu kompleks ruang bawah tanah (bunker) khusus untuk menghadapi “Hari Kiamat.” Terletak di bawah gurun Mojave, bunker itu dirancang untuk membuat penghuni aman dari serangan nuklir dan bencana alam sekaligus membuat mereka tetap nyaman, seperti tinggal di rumah.

…pengen tau lanjutannya…

Resensi Eat, Pray, Love : Mencari Keseimbangan Hidup

eatprayloveJULIA Roberts, peraih Oscar 2001 ketika memerankan Erin Brokovich, akan syuting di Indonesia. Persisnya di Bali. Eat, Pray, Love berangkat dari kisah nyata Elizabeth Gilbert seorang jurnalis perempuan yang resah mencari makna kehidupan.

Memasuki usia tiga puluh tahun Gibert telah mendapatkan semua yang diinginkan oleh seorang wanita Amerika modern. Selain seorang suami dan sebuah rumah, Gilbert yang ambisius dan terpelajar juga punya karier yang cemerlang. Namun, bukannya bahagia, dia justru menjadi panik, sedih, dan bimbang menghadapi kehidupan. Gilbert merasakan pedihnya perceraian, depresi, kegagalan cinta dan kehilangan pegangan dalam hidupnya.

Untuk memulihkan dirinya, Gilbert pun mengambil langkah yang cukup ekstrem. Dia meninggalkan pekerjaan dan orang-orang yang dikasihinya untuk melakukan petualangan seorang diri berkeliling dunia.

Bagi seorang perempuan yang berpenampilan menarik, perjalanan solo ini jelas petualangan seru. Makan, doa, dan cinta adalah catatan kejadian di bulan-bulan pencarian jati dirinya itu.

Dalam petualangannya itu, Gilbert menetapkan tujuan ke tiga tempat berbeda. Di setiap negara, ia meneliti aspek kehidupan dengan latar budayanya masing-masing. Italia menjadi tempat tujuan pertamanya. Di negeri nan elok ini, Gilbert mempelajari seni menikmati hidup dan bahasa Italia. Tak lupa, ia juga mengumbar nafsu makannya dengan menyantap aneka masakan Italia yang enak-enak. Wajar saja jika kemudian bobot tubuhnya pun bertambah 12 kilogram.

Dari Italia, Gilbert bertolak menuju India. Di negeri ini dia mempelajari seni devosi atau penyerahan diri di sebuah Ashram atau padepokan Hindu. Ia menghabiskan waktu empat bulan untuk mengeksplorasi sisi spiritualnya.

Akhirnya, Bali menjadi tujuan terakhirnya. Di Pulau Dewata inilah wanita matang ini menemukan tujuan hidupnya, yakni kehidupan yang seimbang antara kegembiraan duniawi dan ketenangan batin. Ia menjadi murid seorang dukun tua bernama Ketut Liyer yang juga seorang pelukis dan peramal lewat bacaan garis tangan. Gilbert juga bersahabat dengan Nyoman, penjual jamu tradisional Bali. Dan yang terpenting, di Bali, Gilbert yang sudah apatis dan merasa tak akan pernah lagi bisa berhubungan romantis dengan lelaki manapun, akhirnya malah menemukan kembali cinta sejati pada diri Felipe, pria separuh baya asal Brasil yang jauh lebih tua darinya.

Tak cuma berakting, Julia Roberts juga menjadi produser eksekutif untuk film ini. Aktor terkenal Brad Pitt juga turut terlibat. Pemilik Plan B Entertaiment ini juga menjadi produser Eat, Pray, Love.

Sumber : innercom

Tawuran UPN FISIP vs FTI – 14 Okt 09

UPN_VeteranMemprihatinkan!

Itu satu kata yang secara spontan terucap. Apa-apaan nih? Tawuran mahasiswa? UPN “Veteran” Yogyakarta? Ya ampun… Inget tuh, tugas kalian udah pada dikerjain belum, presentasi buat besok udah disiapin belum, malah pada tawuran.

Penasaran sama beritanya, tadi aku nyoba browsing. Di situ ditulis, katanya sih gara-gara ada yang nggak puas sama keorganisasian mahasiswa. Trus pas waktu kuliah, sekitar jam 10.20 WIB, mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri ada yang ngelempar batu ke arah ruang kuliah sama sekretariat BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial Politik nggak terima, trus jadi deh lempar-lemparan batu, di kantin, durasinya sekitar 30 menitan. Kantin ancur, ruang kuliah rusak, ada yang luka-luka, haduh… pokoknya memprihatinkan banget lah. Padahal katanya sih, sebelumnya pernah juga tuh kejadian kaya’ gitu, trus mereka udah sepakat buat damai, hitam di atas putih. Tapi ternyata, itu nggak menjamin.

Jujur, sebagai seorang mahasiswa, aku bener-bener prihatin, malu. Apa sih yang ada di pikiran mereka? Jauh-jauh dikirim ke Jogja buat belajar, dibiayain mahal-mahal, eh malah pada berantem! Ya ampun… Untung bukan kampusku! hehehe… :-p

Semoga aja, kejadian konyol kaya’ gini nggak keulang lagi…