Telinga tuli sebelah? It’s a bad bad day!

khusnullutfiwordpresscom_telingatulisebelahBeberapa hari belakangan, sumpek banget rasanya. Merasakan telinga yang tidak bisa mendengar dengan sempurna. Kuping budek sebelah kiri. Ehm, maaf bahasanya mungkin frontal. Tapi memang itulah keadaannya. Sebenarnya sudah dari beberapa bulan lalu, sering mengalami hal seperti ini tiap tidur miring ke kiri terlalu lama. Tapi beberapa menit atau maksimal beberapa jam kemudian hilang dengan sendirinya. Tapi kali ini, seminggu lebih nggak sembuh-sembuh juga. 😦

Awalnya mulai berasa setelah renang seminggu yang lalu. Awalnya merasa biasa saja, toh ini bukan yang pertama kalinya kuping mampet sebelah. Sejam, dua jam, masih biasa saja. Sehari, dua hari, mulai keganggu banget. Tiap diajak ngobrol jawabnya selalu “hah? apah?” Pertanyaan harus diulang sehingga mengurangi efisiensi percakapan. Nggak cuma aku sendiri yang keganggu, tapi tentunya partner ngobrolpun jadi ikut ngerasa nggak nyaman. :/
…pengen baca lanjutannya…

Advertisements

Cara Memakai Masker Penutup Hidung yang Benar

khusnullutfiwordpresscom_maskerFungsi dari masker yang kita tahu adalah mencegah mikroorganisame dan debu atau kotoran supaya nggak masuk ke dalam tubuh. Tapi, tahu nggak sih fungsi lain dari masker dan cara penggunaannya?

Kita pasti sering lihat sekarang banyak orang di jalan atau naik motor menggunakan masker sebagai penutup hidung dan mulut. Apalagi yang kita tahu baru-baru ini beberapa gunung api aktif di Indonesia baru saja meletus dan abu vulkanik menyebar kemana-mana. Yang dimaksud di sini bukan masker kecantikan yang dioles di wajah lho, tapi masker kesehatan yang digunakan untuk menutup hidung dan mulut.  Fungsi dari masker itu sendiri adalah mencegah mikroorganisme dari udara luar masuk ke dalam tubuh, atau sebaliknya. Juga mencegah dari …pengen baca lanjutannya…

Doa untuk Orang Sakit

Dulu, waktu ayahku sakit, hampir tiap hari denger doa ini. Tiap pagi, siang, sore, ayahku selalu baca doa ini. Karna keseringan denger, lama-lama jadi apal. Tapi ternyata, banyak banget orang yang ngga’ apal dan pengen banget apal sama doa ini. Makanya, aku pengen berbagi sedikit dari apa yang aku tau di sini.

Nah, doanya kurang lebih kaya’ gini (maap cuma bisa ditulis pake huruf latin, bukan huruf arab).

“Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfii anta syaafi laa syifa-a illaa syifauka syifa-an laa yughadhiru saqama.”

“Yaa Allah, Tuhan semua manusia, hilangkanlah penyakit ini dan sembuhkanlah. Engkaulah yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan hanya kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sedikitpun penyakit.”

Semoga dengan membaca doa tersebut dapat mengurangi sakit dari orang yang membaca maupun yang dibacakan. Amin… 🙂

Rokok : Penyumbang Kerugian Negara…

Lho ? Kok bisa ? Bukankah rokok penyumbang devisa negara terbesar ?
Selama ini rokok dibilang sebagai penyumbang devisa terbesar untuk negara padahal nyatanya rokok justru menyumbang kerugian terbesar negara. Kerugian yang ditimbulkan rokok bukan hanya masalah kesehatan saja tapi juga masalah moral dan finansial.

Menurut data Depkes tahun 2004, total biaya konsumsi atau pengeluaran untuk tembakau adalah Rp 127,4 triliun. Biaya itu sudah termasuk biaya kesehatan, pengobatan dan kematian akibat tembakau. Sementara itu penerimaan negara dari cukai tembakau adalah Rp 16,5 triliun.

“Artinya biaya pengeluaran untuk menangani masalah kesehatan akibat rokok lebih besar 7,5 kali lipat daripada penerimaan cukai rokok itu sendiri. Jadi sebenarnya kita ini sudah dibodohi, sudah tahu rugi tapi tetap dipertahankan dan dikerjakan. Inilah cara berpikir …pengen tau lanjutannya…