Stereogram, Mainan Sewaktu Kecil

Ada yang tau stereogram? Mungkin belum banyak yang tau tentang stereogram. Stereogram adalah merupakan salah satu ilusi optik yang menyajikan gambar 2D yang biasanya berbentuk abstrak, tapi di balik gambar tersebut ada bentuk tersembunyi yang terlihat seperti gambar 3D. Istilah gampangnya, gambar rahasia di dalam gambar. Memang, sangat susah menjelaskan apa itu stereogram. Bagi yang belum tau mungkin akan bingung melihat gambar nggak jelas yang acak-acakan. Tapi ketika berhasil menemukan gambar rahasia di balik gambar itu, pasti bakal ketagihan. Dijamin. 😀

Cara mainnya cukup mudah sebenernya, tapi lagi-lagi, susah untuk dijelaskan. Dan biasanya setiap orang memiliki cara sendiri untuk membaca gambar stereogram. Cara paling simple, fokuskan pikiran. Dekatkan gambar dengan mata kira-kira 3 cm atau sampai gambar menempel dengan hidung. Jauhkan gambar dari mata secara perlahan. Kaburkan pandangan. Kalau berhasil, gambar akan muncul di suatu ruangan di dalam gambar. Tingkat kesulitan tiap gambar juga berbeda-beda. Ada yang sekali lihat langsung ketemu, ada yang butuh beberapa detik untuk membacanya. Kadang juga butuh sedikit imajinasi. Kuncinya cuma 1, fokus!

1_khusnullutfiwordpresscom_book

Itu buku yang sangat amat memorable banget. Itu mainanku waktu kecil, mungkin sekitar kelas 2 atau 3 SD. Dan sekarang, setiap melihat gambar stereogram, selalu mengingatkanku dengan buku itu, juga dengan masa kecilku. Dulu ayahku membeli buku itu sangat mahal. Kalau sekarang sih, cari di internet juga banyak banget.

Ini beberapa gambar stereogram yang sengaja aku kumpulkan. Bisa untuk sekedar mengisi waktu luang, melatih focus, atau mengenang masa kecil.

Love

Coins

Dinosaurus

Cup

Jetplane

Sea

World Globe

Birds

Bunnies

Flowers

Landscape

Hearts

Kupluk

Shoe

Oke, itu tadi sekilas mengenai stereogram. Ada yang masih kesulitan menemukan gambar rahasianya? Baiklah, kali ini Naphee’ akan sedikit berbaik hati memberikan bocoran. Clue-nya adalah, hover ke gambarnya, di situ akan ada jawaban, gambar apa yang tersembunyi di dalamnya. 😉

Nah, selamat menikmati bersama imajinasi masing-masing. 🙂

Advertisements

One thought on “Stereogram, Mainan Sewaktu Kecil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s