Insya Allah, In Shaa Allah, In Syaa Allah atau ….?

khusnullutfiwordpresscom_insyaallahBanyak sekali yang bingung, bagaimana cara penulisan InsyaAllah dengan benar. Karena banyak sekali info yang justru menjadikan simpang-siur, kebetulan kemarin nemu satu artikel yang membahas tentang ini, dan kebetulan dari sekian banyak artikel yang Naphee‘ baca, kaya’nya ini yang paling sreg dengan pemahasannya. Ini dia artikel yang dikutip dari istrishalihah

 
بِـــــــسْمِ اللَّهِ الرَحْمَـــــنِ الرَحِيـــــــمِ

Kira-kira sejak dua bulan terakhir, berkali-kali saya mendapat banyak pertanyaan mengenai cara penulisan yang benar untuk kata إِنْ شَاءَ اللَّهُ .

Bermula dari pic seorang Syaikh dalam bahasa Inggris yg menyatakan bahwa penulisan yang benar adalah “In Shaa Allah”, bukan “Insha Allah” karena “Insha Allah” berarti “Create Allah”.

Apakah itu benar?

Jawab saya: Benar sekali 🙂
Beliau merujuk kepada penulisan dalam bahasa Arab إِنْ شَاءَ اللَّهُ yang WAJIB ditulis terpisah antara huruf nun & syin nya.

Arti harfiahnya sbb:
إِنْ (in/jika)
شَاءَ (syaa-a/menghendaki)
الله (Allahu/Allah)

Jika Allah menghendaki.

Sedangkan kata إِنْشَاء (dengan nun & syin menyambung) berarti: membuat.

Lalu apakah yang menulis dengan “Insha Allah” atau “Insya Allah” lantas berdosa? …pengen baca lanjutannya…

Bus Tr*ns Jogja, Menyedihkan :(

Taaaraaraaa…!!!

Apa kabar semua? Kangen ya sama Naphee’? enggak? bagus deh. :mrgreen:

Setelah sekian lama, nggak kerasa juga ya, sepertinya waktu memang berjalan begitu cepat. hehe.. Capek banget rasanya, kemaren seharian Naphee’ abis jalan-jalan, liburan, refreshing, menghilangkan jenuh dan penat yang melanda. Kemana coba? Mau tau? Naphee’ abis liburan… ke… Jogjaaa… ngakak Emang sih, kayaknya kalimat di atas emang harusnya -sedikit diralat- dirombak total. Kalo’ ke Jogja sih bukan liburan namanya, tapi emang rutinitas. Nggak usah cari waktu libur, tiap hari juga di Jogja. hehehe… Tapi, yang spesial adalah, jalan-jalannya ke Pasar Bringharjo. Dan tau donk, kalo’ ke Bringharjo itu bukan sekedar jalan-jalan, tapi juga beelaanjaaa… 😆

…pengen baca lanjutannya…