Cara Memakai Masker Penutup Hidung yang Benar

khusnullutfiwordpresscom_maskerFungsi dari masker yang kita tahu adalah mencegah mikroorganisame dan debu atau kotoran supaya nggak masuk ke dalam tubuh. Tapi, tahu nggak sih fungsi lain dari masker dan cara penggunaannya?

Kita pasti sering lihat sekarang banyak orang di jalan atau naik motor menggunakan masker sebagai penutup hidung dan mulut. Apalagi yang kita tahu baru-baru ini beberapa gunung api aktif di Indonesia baru saja meletus dan abu vulkanik menyebar kemana-mana. Yang dimaksud di sini bukan masker kecantikan yang dioles di wajah lho, tapi masker kesehatan yang digunakan untuk menutup hidung dan mulut.  Fungsi dari masker itu sendiri adalah mencegah mikroorganisme dari udara luar masuk ke dalam tubuh, atau sebaliknya. Juga mencegah dari tertularnya penyakit yang menyebar lewat udara, misalnya flu atau batuk. Jadi masker bukan hanya dipakai oleh dokter ataupun petugas kesehatan aja, tapi kita juga seharusnya memakai masker untuk kesehatan kita. Logo Google Doodle 14 Februari 2013

Nah, yang unik adalah fungsi lain dari masker itu sendiri serta pebedaan cara penggunaannya. Tahu nggak sih, ternyata ada perbedaan cara pakai masker saat kita lagi sakit dan sehat.

Jadi saat kita sedang sakit, pemakaian masker yang benar adalah sisi yang berwarna putih digunakan menghadap muka, sementara sisi yang berwarna (biasanya warna hijau atau biru) menghadap ke arah luar. Ini dimaksudkan untuk menyaring mikroorganisme dari tubuh kita supaya tidak menyebar ke udara luar dan tidak menularkan penyakit ke orang di sekitar kita.

Sedangkan kalau kita lagi nggak sakit, masker yang berwarna putih berada di sisi luar, sementara masker yang berwarna menghadap ke wajah, supaya bisa mencegah mikroorganisme dari luar biar nggak masuk ke tubuh kita.

Nah, sekarang tahu kan perbedaannya? Dan ingat, masker jenis ini hanya sekali pakai, jadi setelah dipakai langsung dibuang. Jangan sampai masker yang kita gunakan untuk melindungi tubuh malah menyebabkan penyakit, gara-gara kita menghirup kotoran yang tertimbun di masker karena tidak diganti. :mrgreen:

Jangan lupa sebarkan ke teman dan keluarga ya. Semoga bermanfaat. 😉

=======================================================================

Update 🙂

Sebagian orang menganggap berita seperti ini hoax karena ada pendapat lain yang berlawanan. Tapi, memangnya yakin kalo’ yang bilang sebaliknya itu bukan hoax juga? ngakak . Ya memang sih ya, kita nggak begitu ngerti soal ilmu medis. Tapi, masa iya sih, papan di Rumah Sakit Panti Rapih ini menyebarkan hoax? hehehe…

khusnullutfiwordpresscom_masker2

Ya kalo’ emang ragu, biar nggak rancu dan lebih meyakinkan lagi, mending pake maskernya dua lapis deh sekalian, jadi amannya dobel ngakak

Advertisements

13 thoughts on “Cara Memakai Masker Penutup Hidung yang Benar

  1. Tau gak fungsi dari kawat pada masker,itu diperuntukkan untuk mencegah abu dari luar masuk,makanya letaknya di atas tepat di hidung. Trus tau gak fungsi lipatan pada masker? Jika memakainya putih di luar,lipatan akan menampung abu, dan udara dari luar akan masuk karena kawat berada di bawah, jadi kalo orang sehat pakai masker putihnya diluar yang ada malah jadi sakit 😀

    Like

  2. emb logika aja yah
    biar make kebalik atau tidak
    toh yg disaring bakalan melewati penyaring, kan maskernya bukan bekerja satu arah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s