WS Rendra Meninggal Dunia

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un…

Indonesia kumbali berduka. Dua hari setelah musisi fenomenal Mbah Surip wafat, kini satu lagi penyair Indonesia dipanggil Yang Maha Kuasa. Seniman senior WS Rendra tutup usia pada hari Kamis (6/8), pukul 22.31, di RS Mitra Keluarga, Bogor, Jawa Barat. Penyair yang berjuluk Si Burung Merak tersebut wafat dalam usia 74 tahun (7 November 1935 – 6 Agustus 2009). Sudah sejak beberapa bulan lalu Rendra dirawat setelah mendapat serangan jantung koroner pada tanggal 30 Juni 2009. Kini jenazah dibawa ke kediamannya di kompleks perumahan Pesona Khayangan, Depok.

Rendra sempat dirawat di RS Harapan Kita. Bahkan ia terpaksa menjalani cuci darah di ruang ICU RS Harapan Kita, Senin, 13 Juli 2009. Selama empat jam lamanya seniman kelahiran Solo ini menjalani cuci darah.

Rendra mulai dikenal luas ketika mengadakan ‘Kemah Kaum Urakan’ di pantai Parangtritis, Yogyakarta, 1970 -an. Drama dan sajak Rendra sering dicekal penguasa karena kritiknya yang begitu tajam. Bahkan ia pernah dijebloskan ke dalam penjara gara-gara karya sastranya itu.

Selama hidupnya, WS Rendra mencurahkan tenaga dan pikiran serta goresan tintanya di dunia sastra, kepenyairan, dan puisi-puisi yang sarat akan nuansa gugatan terhadap segala bentuk penindasan. Di Bengkel Teater, teater yang dirintis dan didirikannya, dia menjadi pemimpin, penulis naskah, sutradara dan sekaligus pelakon.

Pemilik nama lengkap Willibrodus Surendra Broto Rendra itu memperoleh gelar Doctor Honoris Causa (HC) dari Unversitas Gadjah Mada (UGM) di tahun 2008. Rendra merupakan Doktor HC ke-19 dari UGM. Dalam penganugerahan itu, Rendra menyampaikan pidato berjudul ‘Megatruh Kambuh Renungan Seorang Penyair Dalam Menanggapi Kalabendu’. Rendra mengupas tentang lunturnya etika dan budaya lokal yang memunculkan banyak persoalan di masa sekarang ini. Begitulah Rendra, sampai di usia senjanya ia masih kritis kepada penguasa.

Selamat jalan WS Rendra. Kini Si Burung Merak terbang untuk selamanya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s